Development Of Student Worksheets Based On Guided Discovery On Mathematics Learning Materials Elements & Volumes (Cubes & Blocks) For Fifth Grade Of Elementary Students”.

Penulis

  • VIRA ALTHAFINNI Universitas Bung Hatta
  • Fazri Zuzano Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI UNSUR-UNSUR & VOLUME (KUBUS & BALOK) UNTUK SISWA KELAS V SD Vira Althafinniˡ, Fazri Zuzano², Arlina Yuzaˡ ˡProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:viraalthafinni14@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika untuk kelas V SD yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) yaitu tahap validasi, dikarenakan keterbatasan waktu dan karena adanya wabah covid-19 yang sedang melanda. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik dan isi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika untuk kelas V SD memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 92,8%. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika untuk kelas V SD sangat valid digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran. LKPD ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi kubus dan balok. Kata kunci: lembar kerja peserta didik, pembelajaran matematika, penemuan terbimbing

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Munandar, Haris. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 3, No 1, Hal 27-37 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05