Development of Problem Solving Based Mathematical Learning Module for Class III SD Angkasa II Lanud Padang

Penulis

  • CICI PUTRI UTAMI Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta
  • Ira Rahmayuni Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK KELAS III SD ANGKASA II LANUD PADANG 1 Cici Putri Utami 1 , Zulfa Amrina , Ira Rahmayuni Jusar 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: ciciputri59@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah untuk siswa kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Modul pembelajaran matematika berbasispemecahan masalah ini dikembangkan dengan menggunakan 3-D models. Dalam penelitian ini sampai pada tahap pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Rancangan modul divalidasi oleh dua orang dosen ahli kemudian diuji coba di kelas III sd angkasa II lanud Padang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa modul pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah dinyatakan sangat valid dengan rata-rata kevalidan 3,28 dan praktis dengan ratarata kepraktisan 87,98% oleh guru, dan sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan 90,91% oleh siswa. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar Kata Kunci:Modul Matematika, Pemecahan Masalah

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05