" Development of a Picture and Picture Based Science Learning Module on the Relationship between Animal and Plant Body Parts in Class IV Elementary School "

Penulis

  • Dona Monica Agusti1 Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Syafni Gustina Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

DEVELOPMENT OF PICTURE AND PICTURE BASED IPA LEARNING MODULE ON THE RELATIONSHIP BETWEEN FORM AND FUNCTION OF ANIMAL AND PLANT BODY PARTS FOR CLASS IV PRIMARY SCHOOL Dona Monica Agusti11, Gusmaweti2, Syafni Gustina Sari3, Primary School Teacher Education Study Program Faculty of Teacher Training and Education Bung Hatta University e-mail: donaagusti143@gmail.com IPA atau science dapat disebut sebagai ilmu pengetahuan alam, atau ilmu yang mempelajari perstiwa-perstiwa yang terjadi di alam. IPA membahas tentang gejala-gejala alam yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan oleh manusia. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran IPA hendaknya membuka kesempatan untuk siswa membangun pengetahuan sendiri dengan aktif melalui pengamatan maupun percobaan-percobaan dalam proses pembelajaran. melihat dari karakterstik siswa SD, siswa lebih cenderung mudah mengingat suatu pembelajaran dalam bentuk visual atau apa yang mereka lihat di bandingkan dengan apa yang mereka dengar. apabila selama proses pembelajaran siswa hanya mendengar dan menulis saja maka pembelajaran itu akan lebih sulit untuk di mengerti oleh siswa SD karena siswa SD belum bisa untuk berfkir abstrak oleh karena itu dikembangkan bahan ajar berupa modul berbasis picture and picture. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan atau (R&D). Model pengembangan adalah dengan pendekatan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun karena keterbatasan waktu dan kemampuan penulis hanya sampai tahap 3-D yaitu define, design, develop. Penelitian meliputi angket validasi. Modul pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen ahli, yaitu ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa. Hasil Penelitian Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture and Picture Pada Materi Hubungan Antara Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di Kelas IV SD memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase 88%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture and Picture Pada Materi Hubungan Antara Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di Kelas IV SD” memenuhi kriteria valid, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Berbasis Picture and Picture, IPA,

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05