Development of a Science Learning Module using a Process Skills Approach for Class IV Theme 7 "Beautiful Diversity in My Country" 35 Pagambiran

Penulis

  • Nadya Karnelia Putri Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Wirnita Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPAMENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK KELAS IV TEMA 7 “INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU” SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN Nadya Karnelia Putri¹ ,Wince Hendri¹ , Wirnita¹ Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : nadyakarnelia1309@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA menggunakan pendekatan keterampilan proses kelas IV tema 7 “indahnya keberagaman di negeriku” SD Negeri 35 Pagambiran. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define dan design, dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang mengakibatkan siswa belajar online dirumah itu artinya tidak danya kegiatan belajar mengajar disekolah karena siswa belajar dari rumah, maka penelitian ini dilaksanakan sampai dengan validasi modul dengan dosen ahli. Validasi dibagi menjadi 3 validasi bahasa, materi dan desain. Validasi yang dilakukan mendapatkan hasil pada bagian bahasa mendapatkan hasil rata-rata 3.60, pada bagian materi mendapatkan hasil rata-rata 3.50, dan validasi bagian desain mendapatkan hasil rata-rata 3,41. Hasil rata-rata keseluruhan validasi modul pembelajaran IPA 3,50 dengan katergori sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA menggunakan pendekatan keterampilan proses di kelas IV tema 7 “indahnya keberagaman di negeriku” SD Negeri 35 pagambiran. ________________________________________ Kata kunci : pengembangan modul, pendekatan keterampilan proses, IPA

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Hendri,Wince. 2011. Bahan Ajar Pembelajaran IPA SD Kelas Lanjut. Padang: Universitas Bung Hatta.

Hikmawati. 2012. Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 51 Lembari. Jurnal Publikasi Pendidikan. Publikasi Volume II No 1.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabaeta.

Muakhirin. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui pendekatan inkuiri pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru. COPE Vol 1No 8 Hlm 51-53.

Nasution. (2009). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin, Syafruddin. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran”.Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Prastowo, Adi. 2015. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Ipa Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan .Ipa Indonesia 1(1) : 9.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prenadamedia Group

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, R. T. (2017). Uji validitas modul pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia melalui pendekatan kontruktivisme untuk siswa kelas IX SMP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS, Vol6 No 1 Hlm 22-26

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05