"Development of Integrated Thematic LKPD Based on the Inside Outside Circle Type of Cooperative Learning Model in Class IV SDN 11 Pancung Soal".

Penulis

  • Nisa Yulia Anzari Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK TERPADU BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLEDI KELAS IV SDN 11 PANCUNG SOAL Nisa Yulia Anzari1, Wince Hendri2, Zulfa Amrina1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email :nisaanzari30@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inside Outside Circleyang valid, pada pembelajaran tematik subtema lingkungan tempat tinggalku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakana model pengembangan 4-D yaitu define, design, pada penelitian ini hanya pada tahap devolep(pengembangan). Rancangan LKPD yang telah dirancang divalidasi oleh 5 orang dosen dan 1 orang guru SD. Analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan presentase kevalidan 91,5%. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis Inside Outside Circle yang dikembangkan telah valid, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan pembelajaran tematik. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan, maka peneliti menyarankan hal-hal sebagai berikut, Bagi sekolah, diharapkan penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tematik.Bagi guru kelas IV SD,berdasarkan hasil validitasdilakukan, LKPD berbasis Inside Outside Circlepada subtema 1 “Lingkungan Tempat Tinggalku” untuk siswa kelas IV SD yang telah dikembangkan dapat digunakam sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan subtema 1 “Lingkungan Tempat Tinggalku”. Bagi pembaca, diharapkan mampu menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pengembangan LKPD berbasisInside Outside Circle pada pembelajaran tematik. Kata kunci : Lembar, Kerja, Peserta Didik, Inside Outside Circle.

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Elwi, Lara Cesilia. 2017. Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA Pillar of Piystcs Education Vol. 9, Hal 97-104.

Triyanto. 2009 Mendasari Model Pembelajaran inofatif- Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta Kencana

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05