The Effect of the Application of the Problem Solving Learning Model on the Learning Outcomes of Science Subjects in Elementary School Class V SD 11 Batang Anai.

Penulis

  • SYOVIA SURYANI ZEIN Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri

Abstrak

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SD KELAS V SD 11 BATANG ANAI 1 Syovia Suryani Zein 2 , Gusmaweti , Rieke Alyusfitri,S.Si,M.Si 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: syoviasuryanizein1919@gmailcom ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SDN 11 Batang Anai . Jenis penelitian ini adalah Penelitian experimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 11 Batang Anai pada tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri atas 2 kelas. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dikelas V A dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar didapatkan nilai rata-rata 77,67. Sedangkan pada kelas V B yang tidak diberikan perlakuan khusus mendapatkan nilai rata-rata 58,33. Di lihat pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukan thitung>ttabel , dengan nilai thitung 6,19 dan nilai ttabel 1,71 pada taraf nyata signifikan 0,975, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa menggunakan model Problem Solving , dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunkan metode pembelajaran konvesional dalam bentuk ceramah dan Tanya jawab. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving , dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas V SDN 11 Batang Anai. Kata Kunci : Pengaruh, Problem solving , Hasil Belajar, IPA

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Belajar

Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo

Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi

(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05