"Development of Learning Media for Macromedia Flash 8 in Indonesian Language Learning Theme 6 for Class V SDN 03 Alai Padang"

Penulis

  • REKI AFRIA NURAHMAN Universitas Bung Hatta
  • Syofiani Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 6 KELAS V SDN 03 ALAI PADANG Reki Afria Nurahman 1, 1, Syofiani Hidayati Azkiya 1 . 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: rekiafria@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD pada tema panas dan perpindahannya subtema perpindahan kalor di sekitar kitayang memenuhi kriteria valid. Teori yang dipakai adalah teori menegnai pembelajaran bahasa indonesia, teori media interaktif, dan teori mengenai macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Dengan menggunakan modifikasi 3-D yaitu terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Alai Padang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut; Media divalidasi oleh dua orang validator diperoleh hasil aspek desain sebesar 92% dengan kriteria sangat valid yang berarti media pembelajaran dapat di gunakan, aspek materi sebesar 81% dengan kriteria valid yang berarti media pembelajaran dapat di gunakan, dan aspek bahasa sebesar 85% dengan kriteria valid yang berarti media pembelajaran dapat di gunakan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media interaktif macromedia flash 8 pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks eksplanasi dengan pendekatan scientific yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas V SD. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran bahasa Indonesia, macromedia flash 8.

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05