Development of Thematic RPP Learning Tools Theme 8 Class IV with Approaches (Critical, Creative, Communication, Collaboration) in Schools.

Penulis

  • YULIANI PUTRI Universitas Bung Hatta
  • Hendra Hidayat Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP TEMATIK TEMA 8 KELAS IV DENGAN PENDEKATAN CRITICAL, CREATIVE, COMMUNICATION, COLLABORATION DI SEKOLAH DASAR Yuliani Putri¹, Hendra Hidayat¹, Siska Angreni¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail :yulianiputri025@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran RPP dengan menggunakan pendekatan 4C pada tema 8 kelas IV di SD Negeri 14 Tanjung Gadang, Sijunjung yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yaitu analysis, design, development dan implement. Pada penelitian ini hanya sampai tahap developmentt dikarenakan adanya kendala dalam pelaksanaan penelitian disekolah dengan pembelajaran sistem daring sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukannya tahap implementasi pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan hanya sampai validasi ke ahli materi dan kurikulum. Intrumen penelitian meliputi lembar validitas, 4C divalidasi oleh satu orang dosen ahli materi, satu orang dosen ahli kurikulum dan satu orang guru sebagai validator RPP. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran RPP dengan menggunakan pendekatan 4C untuk siswa kelas IV SD menggunakan formula Aiken V memenuhi kriteria valid dengan nilai 0.92 dari aspek materi, 0.85 dari aspek Kurikulum, 0,91 dari aspek guru kelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran RPP dengan menggunakan pendekatan 4C memuhi criteria sangat valid untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci: Penelitian pengembangan, RPP, Pendekatan 4C

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Ministry of National Education. 2013. Permendiknas No. 65 of 2013 concerning Basic Education Process Standards. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud. (2016). Basic and Secondary Education Process Standards. Jakarta: Permendikbud

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05