. "Development of Scientific-Based Science Learning Modules on the Sub-Theme of Temperature and Heat for Class V Students of SDN 07 Tanah Air Padang".

Penulis

  • BIOMECHI REGI OKTARI Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta
  • Daswarman Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINTIFIK PADA SUBTEMA SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SDN 07 TANAH AIR PADANG Biomechi Regi Oktari1, Siska Angreni1, Daswarman1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: biomechiregioktarii@gmail.com ABSTRAK . Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis saintifik pada subtema suhu dan kalor untuk kelas V SDN 07 Tanah Air, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Modul pembelajaran IPA yang dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap Develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data diperoleh dengan angket validasi yang dinilai oleh dosen ahli materi, ahli tampilan, dan ahli bahasa. Nilai validasi pada materi yaitu 3,86 kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh penilaian 3,78 kategori sangat valid, dan aspek bahasa memperoleh penilaian 3,80 kategori sangat valid. Rata-rata skor modul pembelajaran IPA berbasis saintifik yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,81 dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis saintifik memenuhi kriteria sangat valid dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran IPA dikelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Saintifik, Pembelajaran IPA

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Munandar, Haris. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 3, No 1, Hal 27-37 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-06