"Development of Student Worksheets Based on Realistic Mathematics Education (RME) on Flat-Building Material for Class II Elementary School Students".

Penulis

  • Elmarefia Wirnaini Universitas Bung Hatta
  • Niniwati Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR Elmarefia Wirnaini1, Niniwati2, Arlina Yuza1 ˡProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta elmarefia@gmail.com ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Lembar Kerja Peserta Didik berbasis RME ini untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bangun datar. Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran bangun datar untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran matematika untuk kelas II Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu, penelitian ini hanya sampai tahap vaidasi. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik mendapatkan penilaian sebesar 86,1% dan isi mendapatkan penilaian sebesar 80%, 1 orang ahli bahasa mendapatkan penilaian sebesar 90% dan 1 orang ahli tampilan mendapatkan penilaian sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis RME pada pembelajaran matematika untuk kelas II SD dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 83,9%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis RME pada pembelajaran matematika untuk kelas II Sekolah Dasar valid digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, pembelajaran matematika, realistic mathematics education

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Munandar, Haris. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 3, No 1, Hal 27-37 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-06