"Development of Learning Modules with a Contextual Teaching And Learning Approach to Learning Ipa Themes 7 Events in Life in Class V Sdn 16 Seberang Padang Utara."

Penulis

  • IJMA SHOFY AR-NUR Universitas Bung Hatta
  • Erman Har Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SDN 16 SEBERANG PADANG UTARA Ijma Shofy Ar-Nur, Erman Har, Syafni Gustina Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail :shofyijma@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning. Pada pembelajaran IPA Tema 7 peristiwa dalam kehidupan Subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan untuk kelas V SD Negeri 16 seberang padang utara yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan adanya wabah covid-19 yang sedang melanda. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Intrumen penelitian meliputi lembar validasi. Modul pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen, yang terdiri dari 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli bahasa, 1 orang dosen ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis contextual teaching and learning untuk siswa kelas V SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai 90%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis contextual teaching and learning memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran IPA di kelas V di sekolah dasar. Kata kunci :Pengembangan, Modul Pembelajaran IPA, Model Pendekatan Contextual Teaching and Learning

Referensi

Andi Prastowo, 2013. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: diva press JPSD Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 1 Agust 2014

Daryanto. D, 2013. Metode Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Tujuan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Shoimin,Aris. 2014. 68 Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-06