Pengembangan Modul Ipa Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri 129/Iii Koto Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Penulis

  • LIL YUSRA Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 129/III KOTO TENGAH, KECAMATAN KAYU ARO, KABUPATEN KERINCI. ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 129/III Koto Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan model procedural yang menggunakan 3-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan development (Pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 3 orang dosen. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 22 orang siswa kelas V SD Negeri 129/III Koto Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. Data penelitian dihasilkan produk berupa Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V SD. Modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata 88,81% baik dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian maupun kegrafikan. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 90% dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 98,61%. Hal ini menunjukkan bahwa Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 129/III Koto Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci : Modul, Contekstual Teaching And Learning (CTL),Ilmu Pengetahuan Alam.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Nurdin,Syafruddin.(2016).Kurikulum dan Pembelajaran”.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sari,Angreni.Fortuna.(2019).Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan kontruktivisme untuk kelas V SD.JURNALPEMBELAJARAN BIOLOGI Vol 2 No 8 Hlm 36-40.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Sari, R.T. (2017). Uji validitas modul pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia melalui pendekatan kontruktivisme untuk siswa kelas IX SMP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS, Vol 6 No 1 Hlm 22-26.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-06