" The Contribution Of Learning Motivation To The Results Of Studying Science At Sdn 6 Pulut-Pulut Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan".

Penulis

  • MUHAMMAD ARIF Universitas Bung Hatta
  • Hendra Hidayat Universitas Bung Hatta
  • Daswarman Universitas Bung Hatta

Abstrak

KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SDN 6 PULUT-PULUT KECAMATAN IV NAGARI BAYANG UTARA KABUPATEN PESISIR SELATAN Muhammad Arif 1 1 , Hendra Hidayat , Daswarman 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: ariernesta@mail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi karena nilai hasil belajar IPA siswa kelas IV-VI masih dibawah KKM yaitu 70 dan motivasi belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SD Negeri 6 Pulut-Pulut Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV-VI SDN 6 PulutPulut Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 38 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan rumus slovin, sehingga sampel 38 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Model Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang signifikan (kuat) antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV-VI dengan nilai pearson correlation sebesar 0,589. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,373 > ttabel = ï¡ = 0,05= 2.02439. Koefisien determinasi sebesar 34,69% yang artinya besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV-VI SDN 6 Pulut-Pulut Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebesar 34,69%. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada siswa agar meningkatkan motivasinya dalam belajar IPA dengan cara meningkatkan dorongan siswa dalam belajar IPA, memperhatikan guru dan tertarik terhadap pelajaran IPA. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-08