"Development of Contexual Teaching And Learning Based Indonesian Language Learning Module for Class IV Students of SD Negeri 39 Tanjung Saba Pesisir Selatan ".
Abstrak
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TEMA 4 JENIS-JENIS PEKERJAAN SUBTEMA 1 BERBAGAI PEKERJAAN UNTUK SISWA KELAS IV 39 TANJUNG SABA BAYANG PESISIR SELATAN ðð¨ð›ð›ð² ðð«ðšððšð¦ðš ð‚ðšð§ðð«ðš ðŸ , ð–ð¢ð«ð§ð¢ððš ð„ð¬ð¤ðš ðŸ , ð™ð®ð¥ðŸðš ð€ð¦ð«ð¢ð§ðš ðŸ ðŸ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:bobbypratamacandra@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD pada tema 4 berbagai pekerjaan yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang dipakai adalah pendapat Susanto (2013) tentang pembelajaran, pendapat Trianto (2009) tentang pendekatan contextual teaching and learning, pendapat Daryanto (2013) tentang modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 39 Tanjung Saba Bayang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 39 Tanjung Saba Bayang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan merancang modul untuk siswa kelas IV SDN 39 Tanjung Saba Bayang, kemudian validasi dari tiga orang validator diperoleh hasil aspek kelayakan isi sebesar 82% dengan kategori valid, aspek bahasa 80% dengan kategori valid, dan aspek tampilan sebesar 81% dengan kategori valid. Maka dapat disimpulkan, modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis contextual teaching and learning dengan materi cerita yang dikembangkan telah valid, sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD. Kata kunci:bahasa indonesia, contextual teaching and learning,modul, validitas.Referensi
REFERENCES
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Arifin, Zainal. 2012. Educational Research Methods and New Pradikma.
Bandung: PT Remaja Rosd Karya.
Anita, 2009. Think Pair Share Learning Model.
Daryanto, (2013). Effective Learning Innovations. Bandung: Irma Widya.
Ministry of National Education 2008. Education Unit Level Curriculum.
Jakarta: Dikmenum. Ministry of National Education.
Hamalik, Oemar. 2012. Curriculum Development Management. Bandung
Youth Rosdakarya.
Jonson, Elaine B. PH.D. 2007. Contextual Teaching and Learning. Mizan
Learning Center (MLC). Bandung.
Praswtowo, Andi. 2014. Creative Guide to Making Innovative Teaching
Materials. Yogyakarta: Diva Press
Rachman, Arif. 2016 "Students' Perceptions of the Pedagogical
Competence of Indonesian Language and Literature Teachers". (Essay). Syarif
Hidyatullah State Islamic University.
Sari, R. T. 2017. Validity Test of Biology Learning Module in Human
Reproductive System Material through a Constructivism Approach for Class IX
SMP. Scientiae educatia: Journal of Science Education, 6 (1).
Sugiyono. 2009. Educational Research Methods with Quantitative
Approaches, Qualitative, and R & D. Bandung: Alfabeta