"Development of Contexual Teaching And Learning Based Indonesian Language Learning Module for Class IV Students of SD Negeri 39 Tanjung Saba Pesisir Selatan ".

Penulis

  • BOBBY PRATAMA CANDRA Universitas Bung Hatta
  • Wirnita Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TEMA 4 JENIS-JENIS PEKERJAAN SUBTEMA 1 BERBAGAI PEKERJAAN UNTUK SISWA KELAS IV 39 TANJUNG SABA BAYANG PESISIR SELATAN 𝐁𝐨𝐛𝐛𝐲 𝐏𝐫𝐚𝐭𝐚𝐦𝐚 𝐂𝐚𝐧𝐝𝐫𝐚 𝟏 , 𝐖𝐢𝐫𝐧𝐢𝐭𝐚 𝐄𝐬𝐤𝐚 𝟏 , 𝐙𝐮𝐥𝐟𝐚 𝐀𝐦𝐫𝐢𝐧𝐚 𝟏 𝟏 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:bobbypratamacandra@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD pada tema 4 berbagai pekerjaan yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang dipakai adalah pendapat Susanto (2013) tentang pembelajaran, pendapat Trianto (2009) tentang pendekatan contextual teaching and learning, pendapat Daryanto (2013) tentang modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 39 Tanjung Saba Bayang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 39 Tanjung Saba Bayang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan merancang modul untuk siswa kelas IV SDN 39 Tanjung Saba Bayang, kemudian validasi dari tiga orang validator diperoleh hasil aspek kelayakan isi sebesar 82% dengan kategori valid, aspek bahasa 80% dengan kategori valid, dan aspek tampilan sebesar 81% dengan kategori valid. Maka dapat disimpulkan, modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis contextual teaching and learning dengan materi cerita yang dikembangkan telah valid, sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD. Kata kunci:bahasa indonesia, contextual teaching and learning,modul, validitas.

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Arifin, Zainal. 2012. Educational Research Methods and New Pradikma.

Bandung: PT Remaja Rosd Karya.

Anita, 2009. Think Pair Share Learning Model.

Daryanto, (2013). Effective Learning Innovations. Bandung: Irma Widya.

Ministry of National Education 2008. Education Unit Level Curriculum.

Jakarta: Dikmenum. Ministry of National Education.

Hamalik, Oemar. 2012. Curriculum Development Management. Bandung

Youth Rosdakarya.

Jonson, Elaine B. PH.D. 2007. Contextual Teaching and Learning. Mizan

Learning Center (MLC). Bandung.

Praswtowo, Andi. 2014. Creative Guide to Making Innovative Teaching

Materials. Yogyakarta: Diva Press

Rachman, Arif. 2016 "Students' Perceptions of the Pedagogical

Competence of Indonesian Language and Literature Teachers". (Essay). Syarif

Hidyatullah State Islamic University.

Sari, R. T. 2017. Validity Test of Biology Learning Module in Human

Reproductive System Material through a Constructivism Approach for Class IX

SMP. Scientiae educatia: Journal of Science Education, 6 (1).

Sugiyono. 2009. Educational Research Methods with Quantitative

Approaches, Qualitative, and R & D. Bandung: Alfabeta

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-09