." Development of Media Card Game Quartet of Mathematics Subjects Grade IV SD Negeri Padang".

Penulis

  • NURUL ELASARI Universitas Bung Hatta
  • Daswarman Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI PADANG ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Padang pada materi pengukuran sudut yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development ). Model penelitian yang digunakan tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrument penelitian meliputi lembar validasi. Media pembelajaran kartu kuartet pada pembelajaran matematika divalidasi oleh dua orang validator yaitu validator ahli materi diperoleh hasil 89,28% dengan kategori valid dan validator ahli media diperoleh hasil 88,88 valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu kuartet memenuhi kriteria valid sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD. Kata kunci :pengembangan, media pembelajaran Matematika, Kartu Kuartet

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Saputri. 2015. Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. (Volume 4 Nomor 5 tahun 2015)

Setiyorini. 2013. Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil belajar di Sekolah Dasar JPGSD Volume 1 Nomor 02 Tahun 2013 hlm 3.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta :Kencana

Winarni, 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penelitian tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R and D). Jakarta : Bumi Aksara

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-09