" Development of Natural Science Learning Modules Based on Type M A M Learning Model on Theme 2 "Always Save Energy" for Class IV Elementary Studentsâ€
Abstrak
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TIPE M A M PADA TEMA 2 “SELALU BERHEMAT ENERGI†UNTUK SISWA KELAS IV SD Hafizah Haqmi, , Gusmaweti1 Yulfia Nora1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:hafizahhaqmi38@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Make a match pada kelas IV SD N 11 Sipisang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (develop) dikarenakan pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2020/2021 pada tema 2 “Selalu berhemat energiâ€. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Modul pembelajaran IPA berbasis Make A Match (MAM) kelas IV SD divalidasi oleh 3 orang pakar yang terdiri dari satu orang dari dosen jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, satu orang dosen dari jurusan Pendidikan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (PTIK), satu orang dosen dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh satu orang guru dan 10 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran berbasis Make a match pada kelas IV SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 88,5% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 90,1%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis Make a match sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran untuk siswa kelas IV SD. Kata kunci: Pengembangan modul, IPA, Make a matchReferensi
REFERENCES
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470
Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.
Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.