"Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) On The Results Of Students Learning Class Iv Sd Negeri 19 Koto Taratak."

Penulis

  • Januardi Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMABANGAN LKPD BERBASIS SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 KOTO TARATAK Januardi¹,Wince Hendri¹,Rieke Alyusfitri¹ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail :Jokersuper60@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untukMenghasilkanLKPD yang valid untuk mata pelajaran IPA berbasis SAVI pada materi Gaya untuk siswa kelas IV Di SD N 19 Koto Taratak. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D).Validator angket terdiri oleh satu ahli materi dari dosen Biologi Dra. Gusmaweti, M.Si. dari kampus Bung Hatta Padang 78,4% kriteria Cukup valid dapat digunakan namun perlu revisi, Validator angket terdiri oleh satu ahli Bahasa dari dosen Bahasa Indonesia Romi Isnanda, S.Pd.,M.Pd.dari kampus Bung Hatta Padang 80% Krakteria Cukup valid dapat digunakan namun perlu revisi, dan juga satu Guru wali kelas IV SD N 19 Koto Taratak ibuk Endang Wirdaningsi.,S.Pd. 72,3% Krakteria Cukup valid dapat digunakan namun perlu revisi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis SAVI di kelasIV SD N 19 Koto Taratak yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk memberikan hasil yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa khususnya Di SD N 19 Koto Taratak. Kata Kunci : Research and Development (R&D), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),SAVI

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-09