Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Contextual Teaching And Learning Pada Materi Pelestarian Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 02 Sungai Nanam.

Penulis

  • RAZZAQ ELFIAN NUR Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN 02 SUNGAI NANAM Razzaq Elfian Nur 1 , Wince Hendri 1 , Zulfa Amrina 1 . 1 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : razzaqe03@gmaail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Contextual Teaching And Learning pada materi pelestarian sumberdaya alam bagi siswa kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Resesarch and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis Contextual Teaching And Learning ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D, namun tahap desseminate tidak dilakukan. Penelitian dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2019/2020. pengumpulan data dilakukan dengan validasi uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas IV SDN 02 Sungai Nanam untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Contextual Teaching And Learning pada materi pelestarian sumberdaya alam bagi siswa kelas IV SD ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 91,90%. modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 93,90%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 95,96%. Kata Kunci : Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning, Valid dan Praktis

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-09