PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMPN 1 VII KOTO SUNGAI SARIK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Penulis

  • Yulia Murnika
  • Zulfa Amrina
  • fauziah fauziah

Abstrak

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik adalah sedikitnya siswa membahas soal-soal latihan pada proses pembelajaran dan siswa tidak bersemangat dalam mengerjakan latihan. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa lebih baik dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dari pada pembelajaran Konvensional.

Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman pada tahun ajaran 2012/2013, dan sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar.

Berdasarkan analisis data dengan perhitungan uji t dengan =0,05 dan dk=63 maka diperoleh thitung=6,94 sedangkan ttabel dengan taraf kepercayaan 95% adalah1,67 karena thitung>ttabel maka hipotesis H0 ditolak, berarti hipotesis yang diajukan diterima.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensionalĀ  pada siswa kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman pada tahun ajaran 2012/2013.

Kata Kunci: Kooperatif, Course Review Horay

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-14