Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD

Penulis

  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Vira Arentia Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD N 15 PANCUNG SOAL Vira Arentia 1 , Wince Hendri 2 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : viraarentia9@gmail.com Penelitian research and development (R&D) bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA kelas V SD N 15 Pancung Soal. Model penelitian 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang validator dan lembar pratikalitas guru dan siswa kelas V sebanyak 18 orang. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk siswa kelas V yang termasuk kriteria sangat valid dengan validitas (93, 61%), dari aspek materi (89, 74%), tampilan (92, 77%) serta bahasa (98,33 %). Media yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dengan pratikalitas (87%), dari aspek penggunaan media (90%), isi materi (85%), desain teknis (85%), komunikasi (95%), dan format kemasan (80%), siswa dengan praktikalitas (92,77%), dari aspek minat siswa (93,45%), proses penggunaannya (90,55%), peningkatan kreativitas siswa (92,36%), waktu yang tersedia (94,44%), dan aspek evaluasi (93,05%). Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata kunci : pengembangan, media, konstruktivisme.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Arsyad, Azhar. (2011). “ Media Pembelajaran“. Jakarta : Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. (2014). “ Media Pembelajaran“. Jakarta : Rajawali Pers.

Nur Kumala, Farida. (2016). “ Pembelajaran IPA Sekolah Dasar”. Malang : Infografika

Rahmat., and Irfan, Dedy. (2019). “ Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar “. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. Volume 7 Nomor 1. 48 – 53.

Sipayung, Yenni. Gusmaweti And Wince Hendri. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Animalia Kelas X IPA SMAN 1 Bukittinggi. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Taluke, Dryon., Ricky S. M Lakat., and Amanda Sembel. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial. Volume 6 Nomor 2

Trianto. (2009). “ Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif ”. Jakarta : Kencana

Ratunguri, Yusak (2015). “ Pembelajaran Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Berpikir Ilmiah Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Negeri Manado “. Jurnal Pedagogia Volume 7 Nomor 1. 48 – 53.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-06