Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V SD

Penulis

  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Antik Fatihanur Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 99/III SUNGAI PEGEH, KECAMATAN SIULAK, KABUPATEN KERINCI ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Antik Fatihanur¹, Wince Hendri 2 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: antikfatihanur34@gmail.com ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Siswa Kelas V SD Negeri 99/III Sungai Pegeh, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan model procedural 3-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan development (Pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 3 orang dosen. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 17 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,22%) baik dari aspek kelayakan isi (90,74%), bahasa (90%), dan aspek tampilan (92,92%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata (91,67%) baik dari aspek kemudahan penggunaan (87,5%), efektivitas waktu (87,5%), dan aspek manfaat (100%) dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata (98,28%) baik dari aspek minat siswa (97,06%), proses penggunaan (96,57%), peningkatan kreatifitas (98,53%), manfaat (99,26%), dan aspek evaluasi (100%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 99/III Sungai Pegeh, Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. __________________________________________________________________ Kata Kunci: Modul, Pengembangan, Inkuiri, Ilmu Pengetahuan Alam.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam

Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam

Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011).Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar.Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Hendri, Wince.2011. Buku Ajar Pembelajaran SD Kelas Lanjut. Padang: Bung

Hatta University Press. ISBN 978-602-8899-61-1

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017).Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal

Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Sardinah, S., & Tursinawati, T. (2012).Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 13(2).

Shoimin, Aris. 2019. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto.2016. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi

Kurikulum 2013. jakarta: PT Bumi Aksara.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-06