Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Saintifik untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • M. Tamrin Universitas Bung Hatta
  • Rika Afriani Susanti Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SAINTIFIK UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR Rika Afriani Susanti 1 , M. Tamrin 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : rikaafrianisusanti160498@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan modul pembelajaran IPS berbasis saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis saintifik untuk kelas IV sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan define, design, dan develop. Validator dilakukan oleh 3 orang dosen dan praktikalitas dilakukan oleh guru kelas IV SD N 15 Pancung Soal dan 27 siswa kelas IV SD N 15 Pancung Soal. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi tiga orang validator. Validator modul meliputi tiga aspek yaitu aspek materi, aspek design, dan aspek bahasa. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, modul yang dikembangkan mendapatkan persentase 91,82 % dengan kriteria sangat valid baik dari aspek materi, aspek design dan aspek bahasa. Hasil pratikalitas guru mendapaatkan nilai persentase 92,29 % dan siswa persentasenya 91,12 % dengan kriteria sangat praktis dari aspek ketertarikan siswa, proses penggunaannya, peningkatan kreativitas siswa dan evaluasi. Hal ini menunjukkan modul pembelajaran IPS berbasis saintifik untuk kelas IV SD N 15 Pancung Soal sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPS berbasis pendekatan saintifik untuk kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci : Modul, Pembelajaran IPS

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Saputri, Fitriani Eka dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan. Vol. 6. No 1. P-ISSN: 2303-307X, e-ISSN: 2541-5468.

Trianto. 2011. “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”. Jakarta : Kencana

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.

Islamic Education Journal. Volume 3, Issue 1. ISSN Onlne: 2503-5045, ISSN Print:

-9302.

Gustinasari, Meli dkk. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal. Vol. 1, No. 1. ISSN: 2354-8363.

Afandi, Rahmad Alvian dan Woro Setyarsih. 2019. Analisis Butir Instrumen Problem Solving Berbasis Permasalahan Kontekstual pada Materi Momentum dan Impuls. Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 08, No. 03. ISSN: 2302-4496.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-06