Pengembangan Media Pembelajaran IPA Lectora Inspire Berbasis Inkuiri Sub Tema 2 Hebatnya Cita Citaku Materi Daur Hidup Hewan Pada Kelas IV SDN 44 Kalumbuk Kota Padang

Penulis

  • Enjoni Universitas Bung Hatta
  • Akma Arif Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA LECTORA INSPIRE BERBASIS INKUIRI SUB TEMA 2 HEBATNYA CITA CITAKU MATERI DAUR HIDUP HEWAN PADA KELAS IV SDN 44 KALUMBUK KOTA PADANG Akma Arif 2 1 1 , Enjoni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : aakma983@gmail.com ABSTRAK Hasil wawancara dengan salah satu guru di SD 44 Kalumbuk menceritakan bahwa dalam mengajarkan berbagai materi IPA pada masa Normal menggunakan media gambar, sedangkan pada masa Pandemi Covid-19 guru menggunakan aplikasi WA, sehingga menyulitkan guru untuk menjelaskan materi secara langsung kepada peserta didik. Dibutuhkan sebuah aplikasi media pembelajaran untuk menyampaikan materi IPA.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran melalui aplikasi Lectora Inspire yang valid dan praktis berbasis inkuiri pada mata pelajaran IPA Tema 6 kelas IV Cita Citaku di SD Negeri 44 Kalumbuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu dan adanya penyebaran virus Corona Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada semestser genap tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil Uji Validasi Materi, Desain dan Bahasa. Media Lectora Inspire sangat valid digunakan secara keseluruhan didapatkan hasil Uji Validasi dengan persentase 91,36% berada pada angka 3,53 dengan kategori sangat valid dan layak. Uji Validasi desain media berada pada presentase 85,7%, Validasi materi 97,5% sedangkan Uji Validasi Bahasa berada pada presentase 90,9%. Dapat digunakan pada kelas IV Materi Daur Hidup Hewan Tema 6 Cita Citaku. Sedangkan pada Uji Praktikalitas respon siswa, dengan subjek siswa kelas IV SDN 44 Kalumbuk kota Padang yang berjumlah 30 orang siswa berada pada presentase 94,58% dan respon guru dengan 2 orang observer 97,33% kategori sangat praktis. Secara keseluruhan media pembelajaran Lectora Inspire berbasis Inkuiri sangat valid dan sangat praktis digunakan di kelas IV SDN 44 Kalumbuk tema 6 Cita - Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita - Citaku. Kata Kunci : Pengembangan, Pembelajaran IPA, Media Lectora Inspire, Inkuiri.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Adalikwu, S.A., dan Iorkpilgh, I.T. (2013). The Influence of Instructional Materials on Academic Performance of Senior Secondary School Students in Chemistry in Cross River State. Global Journal of Educational Research20 (1): 39—45

Arikunto, Suharsimi (2012).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp- content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Lenggono, W. (2019). Peran Media ICT Pada Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan Penggunaanya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto A . Introduction / Pendahuluan Perkembangan teknologi semakin pesat dan berkembang seiring kehidupan manusia yang semakin komplek ( Elyas, 2. 18(1), 157–178.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Trianto (201-). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

WR, Irawati.(2013). Alternatif Pembelajaran dengan Pendekatan SAVI untuk Mening-katkan Pemahaman Siswa SD/MI Terhadap Materi membandingkan pecahan sederhana.Jurnal Pendidikan Dasar.UPI Bandung. 14

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-06