Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 19 Kampung Baru Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Penulis

  • Wirnita Universitas Bung Hatta
  • Nurhafiza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 KAMPUNG BARU KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN Nurhafiza1, Wirnita Eska2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : nurhafiza151298@gmail.com ABSTRAK Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersedian buku cetak mata pelajaran atau sumber belajar di sekolah. Tujuan penelitian mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik bagi siswa kelas IV SD Negeri 19 Kampung Baru Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yaitu agar tercapainya tujuan pendidikan secara efisien, efektif dan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto (2009) dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), development (pengembangan) dan desseminate (penyebaran), karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas IV SD, dan untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SD N 19 Kampung Baru Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,23%) baik dari aspek kelayakan isi (90%), aspek penyajian dan tampilan (87,70%), dan aspek bahasa (96%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif (100%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase 95%. Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (98,2%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik pada tema 6 bagi siswa kelas IV SD Negeri 19 Kampung Baru Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang dihasilkan sangat valid. Sudah efektif, dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul, Pengembangan, Saintifik, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2).

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Masnun, M. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Oktavia, R. D. (2013). Penggunaan Media Gambar Tiga Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156-172.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tiarina, Y. (2012). Pengajaran puisi dengan metode discovery-inquiry. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 10(2).

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inopatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-06