Pengaruh Kemandirian Siswa Mengerjakan Tugas Rumah Terhadap Hasil Belajar IPS Di SD Negeri 32 Muaro Putuih Kabupaten Agam

Penulis

  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta
  • Justi Ratna Sari M. Nur Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGARUH KEMANDIRIAN SISWA MENGERJAKAN TUGAS RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SD NEGERI 32 MUARO PUTUIH KABUPATEN AGAM Justi Ratna Sari M. Nur 1 , Yulfia Nora 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: Justiratnasari1999@gmail.com Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian belajar siswa dan hasil belajar siswa yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SDN 32 Muaro Putuih. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 32 Muaro Putuih sebanyak 53 siswa, sedangkan Sampel diperoleh menggunakan rumus Yamane sehingga diperoleh sebanyak 47 orang siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan bantuan program SPSS versi 18.00. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yaitu kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai thitung sebesar 10,6 yang lebih besar dari nilai ttabel 2,01410. Nilai signifikansi kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka HO ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah dengan hasil belajar sebesar 71,5%, artinya 71,5% hasil belajar IPS dipengaruhi oleh kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah dan 28,5% hasil belajar IPS dipengaruhi faktor lain. Kata kunci: Kemandirian belajar, tugas rumah, hasil belajar dan IPS

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-06