Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Karakter pada Kelas V Sekolah Dasar
Abstrak
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KARAKTER PADA KELAS V SEKOLAH DASAR 1 Lara Sagita , M. Tamrin 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : larasagita253@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis karakter pada kelas V SD Negeri 07 Koto Panai yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada KD IPS 3.4. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 29 siswa kelas V SD. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 89,4%, ahli bahasa 95,5%, dan ahli desain 84,72%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 89,8% dengan kriteria valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 93,18% dan praktikalitas oleh siswa 88,55%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 90,86% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis karakter telah valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, KarakterReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan. (Nomor 1), 1-9. Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.
Febrina, Ayu. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. (Nomor 2), 151-161.
Nisa, Afiatin. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta : Kencana.