Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Tema 6 Cita-citaku Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang
Abstrak
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK KELAS IV SD NEGERI 31 PASIR KANDANG KOTA PADANG Lilis Kurnias Sary Lase 1 , Rona Taula Sari 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : liliskurniassari93@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA pada materi siklus hidup berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk kelas IV SDN 31 Pasir Kandang Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator bahasa, dan 1 orang dosen validator desain. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi memperoleh penilaian 3,57 dengan kategori sangat valid, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 3,87 dengan kategori sangat valid, dan dari aspek desain memperoleh penilaian 3,38 dengan kategori valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,60 dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 13 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh persentase hasil 89,58% dengan kategori sangat praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase hasil 94,13% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya di kelas IV SD. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata kunci : Pengembangan Modul, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran IPAReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sari, R. T. (2017). Uji validitas modul pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia melalui pendekatan kontruktivisme untuk siswa kelasIX SMP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS, Vol 6 No 1 Hlm 22-26
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Yusra, Lil. 2020. Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) untuk Siswa Kelas V SD Negeri 129/III Koto Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Bung Hatta.