Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis High Order Thinking Skills Pada Muatan IPS Tema 6 Kelas V Sekolah Dasar
Abstrak
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS PADA MUATAN IPS TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR Reka Kurnia Sari 1 , Yulfia Nora 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : rekakurniasari1998@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis high order thinking skills (HOTS) yang valid dan praktis untuk menilai pengetahuan peserta didik kelas V SD pada muatan IPS Tema 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validitas, instrumen penilaian berbasis HOTS divalidasi oleh 2 orang ahli yaitu dosen PGSD Universitas Bung Hatta dan guru kelas V SD Negeri 01 Bungo Pasang. Pada tahap praktikalitas instrumen penilaian berbasis HOTS di uji cobakan kepada 26 orang peserta didik kelas V SD dan 1 orang guru kelas V SD. Berdasarkan hasil validitas, instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS pada muatan IPS Tema 6 Subtema 3 kelas V SD telah memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 93%, dan hasil praktikalitas menunjukkan bahwa instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS pada muatan IPS Tema 6 Subtema 3 kelas V SD yang dikembangkan sangat praktis digunakan oleh guru dan peserta didik dengan persentase praktikalitas sebesar 91.8%. Dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kognitif berbasis HOT pada muatan IPS Tema 6 kelas V SD valid dan praktis digunakan sebagai alat ukur pengetahuan peserta didik kelas V SD pada muatan IPS Tema 6 Subtema 3. Kata Kunci : Pengembangan Instrumen Penilaian, HOTS, IPSReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Aji, Bastaman Sasmito dan Winarno, M. E. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaianpengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7): 1449-1463
Lubis, Leli Hasanah. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Siswa. Jurnal Tematik, 6(3):
-239
Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna Jurnal Madrasah
Ibtidaiyah, 2(1): 67-78
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian
Pendidikan
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66