Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas IV SD

Penulis

  • Pebriyenni Universitas Bung Hatta
  • Vira Usmana Putri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJRAN IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Vira Usmana Putri 1 , Pebriyenni 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : virausmana@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning untuk kelas IV SD Negeri 30 Timbulun yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Rangcangan modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukan bahwa modul ini berada pada kategori valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 95% oleh dosen ahli materi, 90% oleh ahli bahasa, dan 86% oleh ahli desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 90% pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dan peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 92% dan 93, sehinga diperoleh rata-rata keseluruhan nilai praktikalitas oleh guru dan siswa yaitu 92,5% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukan bahwa modul berbasis contextual teaching and learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran IPS, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Daryanto, 2013. Menyusun Modul. Malang: Gava Media.

Efrita. 2015. Pengembangan Modul IPS berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Purwosekar Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang dengan Mata Pelajaran IPS. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang.

Pendidikan & Tenagan Kependidikan. Jakata: Kencana.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitia Pendidikan Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2011. Pengantar Penilaian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-06