Pengembangan Modul Daring Berbasis Open Ended Learning Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas IV SDN 17 Parak Karakah Padang
Abstrak
PENGEMBANGAN MODUL DARING BERBASIS OPEN ENDED LEARNING MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SDN 17 PARAK KARAKAH PADANG Vynia Martarisha Putri 1 , Zulfa Amrina 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : vyniamartarishaputri@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul daring berbasis open ended learning yang valid dan praktis pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu : define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini model pengembangan dibatasi menjadi 3-D dengan tahapan yaitu : define, design, dan develop . Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui angket validitas dan praktikalitas . Rancangan modul yang telah dirancang divalidasi oleh tiga ahli, sedangkan uji praktikalitas didapat dari respon pendidik dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Analisis data validitas menunjukkan bahwa modul daring yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan persentase kevalidan 90,62%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa modul daring yang dihasilkan dalam kategori praktis dengan persentase 86,11% oleh pendidik, dan 91,11% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul daring berbasis open ended learning pada materi keliling dan luas bangun datar memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Modul Daring, Open Ended Learning, Keliling dan Luas Bangun DatarReferensi
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Kurniati. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang.
Kamalasari, dkk. 2019. Modul Daring Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Jurnal Seminar Nasional Pascasarjana.
Lestari, dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang : Refika Aditama.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta : Diva Press.
Shodiq, dkk. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19di Mi Nurulhuda Jelu. Jurnal Studi Keislaman. Vol.6 No.2.
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta : Kencana.