Faktor Faktor Yang Memprngaruhi Kedisiplinan Siswa Kelas XI Terhadapap Pembelajaran Daring PPKn di Sma N 2 Tanjung Jabung Barat

Faktor Faktor Yang Memprngaruhi Kedisiplinan Siswa Kelas XI Terhadapap Pembelajaran Daring PPKn di Sma N 2 Tanjung Jabung Barat

Penulis

  • Rahadian
  • Pebriyenni

Kata Kunci:

kedisiplinan, faktor internal, faktor eksteral

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa, dan menemukan solusi terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Waktu penelitian dari bulan Februari-Maret 2021. Variabel penelitian ini adalah perilaku Faktor kedisiplinan siswa SMA N 2 Tanjung Jabung Barat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3 yang berjumlah 83 siswa dengan sampel sebanyak 69 siswa dikelas XI MIPA. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor internal yang mempengaruhi kedisiplinan siswa XI IPA SMA N 2 Tanjung Jabung Barat adalah psikologi (59.88%), minat (66.38%) , motivasi (56.25%), kemampuan kognitif (64.2 %). Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi disiplin belajar adalah lingkungan Keluarga (55%), lingkungan sekolah (71.81%) ligkungan masyarakat (53.25%). Dan Solusi terhadap faktor-faktor kedisiplinan siswa di SMA N 2 Tanjung Jabung Barat adalah: (1) Memberi pemahaman mengenai situasi yang terjadi, (2) Aktif berkonsultasi dengan guru, (3) Buat jadwal teratur, (4) Belajar dan bekerja bersama, (5) Pandu anak belajar, (6) Ciptakan suasana belajar yang nyaman, (7) Selingi dengan aktivitas yang menyenangkan.Dengan itu dapat disimpulkan

Referensi

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Rini, dkk. (2020). Teaching From Home: Dari Belajar Merdeka Menuju Merdeka Belajar. Medan : Yayasan Kita Menulis

Juswendi, dkk.(2020). Kiat sukses pelajar dalam belajar di era 4.0.Gowa : Jariah Publishing Intermedia

Suradi, S.Pd, M.Si. 2011. Pentingnya Penerapan Disiplin Siswa di SMK Negeri 1 Mesuji Raya.SMK Mesuji Raya

Sri, dkk. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19.Medan : Yayasan Kita menulis

Widiyanto, Mikha Agus. (2013).Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Haryono, A., Rindiarti, A., Arianti, A., Pawitri, A., Setiawati, A., Reza, A., ... & Sekartini, R. (2016). Prevalensi gangguan tidur pada remaja usia 12-15 tahun di sekolah lanjutan tingkat pertama. Sari Pediatri, 11(3), 149-54.

Elly, R. (2016). Hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd negeri 10 banda aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Gunarsa. (2012). Psikologi untuk Membimbing.Jakarta: Libri.

Subiyakto, B., & Akmal, H. (2020). Profesi Keguruan.

Syaharuddin, S., Susanto, H., & Putra, M. A. H. (2020). Portrait of Community Economic Activities in The River as a Learning Resources on Social Studies With Local Culture-Based. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 178-187.

Abbas, T. M., Wafa, E. W., Bakr, M. A., Refaie, A. F., Sheashaa, H. A., Elagroudy, A. E., ... & Ghoneim, M. A. (2006). Histologic and clinical findings in living donor allografts with long-term stable function. American journal of nephrology, 26(5), 491-496.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-01