Pengembangan LKPD Berbasis Kartu Domino Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas Iv Sekolah Dasar

Penulis

  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri Universitas Bung Hatta
  • Resi Ayuni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MEDIA KARTU DOMINO DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR Resi Ayuni1, Wince hendri2, Rieke Alyusfitri3, 1,3Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Kegurua dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : ResiAyuni@gmail.com Abstrak Bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangat perlu untuk menunjang pembelajaran terutama pada kurikulum 13. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validasi dan praktikalitas produk LKPD dengan media Kartu domino dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD pada tema selalu berhemat energi kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Subjek uji coba LKPD dengan Kartu Domino adalah kelas IV SDN 04 Baringin dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi dan lembar praktikalitas. Hasil analisis pada uji validitas diperoleh nilai rata-rata 75,17% dengan kategori valid, pada uji praktikalitas diperoleh rata-rata 92% dengan kategori sangat praktis. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan media kartu domino dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat diterapkan di IV SDN 04 Baringin dengan kategori valid, sangat praktis. Kata Kunci: LKPD, Kartu Domino, STAD.

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-06