Development of Social Studies Learning Module Based on Non-Example Model for Class V Elementary School

Penulis

  • Feby Kurniawan Universitas Bung Hatta
  • Pebriyenni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR Feby Kurniawan¹, Pebriyenni¹ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta Febyk68@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example pada kelas V yang memenuhi Kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model Pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi Menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Modul divalidasi oleh tiga Validator ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga validator ahli adalah 83,96% Kriteria valid. Untuk uji coba praktikalitas, modul digunakan oleh guru dan siswa SD Negeri 051/XI Kumun Mudik. Rata-rata praktikalitas guru dan siswa adalah 89,80% Kriteria praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example untuk kelas V dinyatakan valid dan praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata kunci: Pengembangan, Modul, Example non-Example.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model pengajaran dan pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta : Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-09-16