Development of Articulation-Based Social Studies Learning Pop-Up Module for Grade V Elementary School

Penulis

  • Anisa Thosyoleha Universitas Bung Hatta
  • Pebriyenni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL POP-UP PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ARTIKULASI UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR Anisa Thosyoleha1, Pebriyenni1 1Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta Email : anisathosyoleha02@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pop-up pembelajaran IPS berbasis artikulasi untuk kelas V KD 3.2 yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Modul pop-up pembelajaran IPS berbasis artikulasi ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Modul divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu ahli materi dengan 94% kategori sangat valid, ahli bahasa dengan 95% kategori sangat valid, dan ahli desain 92% kategori sangat valid. Rata-rata keseluruhan nilai validitas dari 3 validator ahli adalah 93% kategori sangat valid. Untuk uji coba praktikalitas, modul dilakukan oleh guru dan siswa UPT SDN 26 Nanggalo dengan hasil praktikalitas 96% guru kategori sangat praktis dan 95% siswa kategori sangat praktis. Rata-rata praktikalitas 95% kategori sangat praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pop-up pembelajaran IPS berbasis artikulasi untuk kelas V dinyatakan valid baik dari aspek materi, bahasa, dan desain. Hasil praktikalitas dinyatakan praktis baik dari aspek penilaian guru maupun siswa. Hal ini menunjukkan bahwa modul pop-up pembelajaran IPS berbasis artikulasi yang dikembangkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Dengan adanya modul ini diharapkan siswa dapat belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul, Pop-Up, Pembelajaran IPS, Berbasis Artikulasi.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Nur, Melinda Alfiani, dkk. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book pada Pembelajaran IPS tentang Kerajaan dan Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedadidaktika. Vol.4.No.2.

Oktaviarini, Nourma. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Pahlawanku pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Pena SD. Vol.3.No.2.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Wulandari. 2015. Pengembangan Modul Berbentuk Pop-Up dan Smash Book materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Kesatrian 1 Semarang. Skripsi. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-09-16