Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Mind Mapping Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Rahma Universitas Bung Hatta
  • Pebriyenni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Rahma1 Pebriyenni1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : rrahmaa02@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis Mind Mapping untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Modul pembelajaran IPS berbasis Mind Mapping ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D yang yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada KD IPS 3.1. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas IV SD Negeri 55 Payakumbuh. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 92,5%, ahli bahasa 95%, dan ahli desain 91,6%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 93% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 98% dan praktikalitas oleh siswa 92,3%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 95,15% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Mind Mapping yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul Pembelajaran IPS, Mind Mapping, Valid, Praktis

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava media.

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-09-16