Development of Microsoft Power Point Interactive Learning Media in Mathematics Subjects with Flat Shape Materials

Penulis

  • Amalina Yohanes Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MICROSOFT POWER POINT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT BANGUN DATAR KELAS III SDN 22 MAGEK Amalina Yohanes¹, Ira Rahmayuni Jusar¹ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta amalinayoha0305@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media Power Point pembelajaran matematika pada materi sifat bangun datar pada kelas III SDN 22 Magek. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yaitu define, design, dan development. Penelitian ini dilakukan pada semester II dengan materi sifat bangun datar tema 8 “Praja Muda Karana” subtema 2 “Aku Anak Mandiri”. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar pratikalitas (angket respon guru dan respon siswa). Pada proses validasi, media Power Point di validasi oleh 1 orang ahli materi dan bahasa dan 1 orang ahli tampilan/design. Pada proses pratikalitas, media Power Point di uji coba kepada 1 orang guru dan 7 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi media Power Point memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase penilian sebesar 82,9%. Pada tahap pratikalitas, media Power Point ini termasuk sangat praktis dengan presentase penilaian sebesar 91,37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Power Point pada materi sifat bangun datar untuk kelas III SD memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas III di Sekolah Dasar. Kata kunci: Power Point, pembelajaran matematika, bangun datar.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Hadila, R. Sukirwan., Alamsyah, T.P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education, Jurnal Guru an Matematika. 3(1). 51

Maisura. Ridwan. (2015). Meningatkan Prestasi Belajar Tentang Sifat – Sifat Bangun Datar melalui Strategi Pembelajaran Everyone is A Teacher Here pada Siswa Kelas V MIN Bayu Gampong. Jupendas,2(1). 40.

Winditiya. 2011. Materi Media Pembelajaran Dua Dimensi dan Tiga Dimensi. Diperoleh dari http://winditiya.blogspot.com/2011/07/media-pembelajaran-dua-dimensi-media.html

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-09-16