Development of Discovery Learning-Based Social Studies Learning Module for Grade IV Elementary School

Penulis

  • Wenny Suci Anggraini Universitas Bung Hatta
  • Pebriyenni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR Wenny Suci Anggraini1, Pebriyenni1 1Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: Kasyemwenny@gamail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajara IPS berbasis Discovery Learning pada kelas IV KD 3.3 mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya dilingkungan sekitar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Develompment (R&D). Model Pengembangan ini menggunkan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada IPS yaitu Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa, ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diuji coba oleh 1 orang guru dan 27 orang siswa kelas IV SDN 56 Anak Air. Diperoleh data untuk validitas dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator materi 84% valid, ahli bahasa 85% valid dan ahli desain 92% sangat valid. Sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari 3 orang dosen 87% dengan kriteria valid. Diperoleh data praktikalitas lembar angket respon guru dan siswa yang mendapatkan nilai praktikalitas guru 94% dan siswa 92%, sehingga Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Discovery Learning valid dan sangat praktis untuk di gunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata kunci : Pengembangan Modul, Pembelajaran IPS, Berbasis Discovery Learning

Referensi

DAFTAR PUSAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara 2013)

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Persiapan Guru dalam Mengajar.

Yogyakarta:Gava Media.

Sujana Atep, dan Sopandi Wahyu. 2020 .Model-Model Pembelajaran Inovatif.Depok:PT RajaGrafindo Persada.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-09-16