Development of Learning Media Using Microsoft Power Point Based on Problem Based Learning Model Measurement Materials for Class IV Students at SDN 126/VI Muara Jernih II

Penulis

  • Habib Setiawan Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENGUKURAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 126/VI MUARA JERNIH II Habib setiawan¹, Ira Rahmayuni Jusar¹ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta e-mail : HabibSetiawan37@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Microsoft Power Point Berbasis Model Problem Based-Learning dalam pembelajaran Matematika pada materi Pengukuran untuk siswa kelas IV SDN 126/VI Muara Jernih II. Penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian tipe 4-D yaitu define, design, develop, and disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap praktikalitas. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang validator dan lembar praktikalitas guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Microsoft Power Point yang termasuk kriteria sangat valid dengan validitas (90,6%), dari aspek materi (93,1%), tampilan (82,1%) serta bahasa (96,8%). Media yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dan siswa dengan praktikalitas guru (90%), dari aspek penggunaan (95%) dan aspek pelaksanaan (85%). Praktikalitas siswa (96,8%) dari aspek pembelajaran (98.7%) dan aspek media (95%) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran Microsoft Power Point memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran Matematika. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata kunci : Pengembangan Media, Microsoft Power Point , Problem Based-Learning

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sunaengsih. C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A.

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018) Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Bumi Aksara

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-09-16