Development of Picture Card-Based Social Studies Learning Media for Class IV Elementary School

Penulis

  • Fingestia Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • M Tamrin Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KARTU BERGAMBAR UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR Fingestia1, Yulfia Nora1, M. Tamrin1, 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Kegurua dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : fingestia123@gmail.com Abstrak Media kartu bergambar adalah media sederhana yang terdapat gambar dan kata-kata untuk membantu dan mempermudah menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas media pembelajaran IPS berbasis kartu bergambar untuk kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop). Subjek uji coba media pembelajaran IPS berbasis kartu bergambar adalah kelas IV SDN 01 Koto Besar Dharmasraya dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi dan lembar praktikalitas. Hasil analisis pada uji validitas diperoleh nilai rata-rata 84,00% dengan kategori sangat valid, pada uji praktikalitas diperoleh rata-rata 86% dengan kategori sangat praktis. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berbasis kartu bergambar dengan kategori valid, dan sangat praktis. Kata Kunci: Pengembangan, Kartu Bergambar, Pembelajaran IPS

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Anggarawati1, I G. A. Ary ,MG. Rini Kristiantari2, (2014). Pengaruh Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Agustina, Irnin, Dwi Astuti, Ria Asep Sumarni, and Yoga Budi Bhakti. 2019. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis.” Abdimas Dewantara 2(2): 107–14.

Efendi, Anwar, Sri Sumarni, A. E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Mekanika Tanah. Indonesian Journal Of Civil, 1, 1–12. https://jurnal.uns.ac.id/ijcee/article/view/16910

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu, Ayu, S., , P., Agung, A. A. G., Suarni, N. K., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–9.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kenana Prenadamedia Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-09-16