Pengembangan Modul Pembelajaran MatematikaBerbasis Problem Based Learning Pada Materi Pecahan Kelas II Sekolah Dasar

Penulis

  • Ummi Fitri Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN KELAS II SEKOLAH DASAR Ummi Fitri¹, Rieke Alyusfitri¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : ummifitri0@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning pada materi pecahan untuk siswa kelas II SDN 36 Gunung Sarik yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanagn (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase validitas 92,3% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa bahasa diperoleh presentase kevalidan 95%% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 91,6% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning pada materi pecahan memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase kevalidan 92,96%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 20 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 98,3 % dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 95,4% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Learning Problem Based memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Problem Based Learning

Referensi

Kusuma, Kuswanto Hendra, and Agus Sutedjo. (2017). "Pengambangan Modul Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Pengetahuan Dasar Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2016/2017.

Daswarman dan Rieke Alyusfitri. (2016). Praktikalitas Modul bangun datar dengan pendekatan kontektual berbasis keunggulan lokal. Jurnal cerdas proklamator. Vol. 4(2). Hlm. 125.

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01