Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture and Picture untuk Siswa Kelas IV UPT SDN 28 Jorong Nan Tigo Kabupaten Pesisir Selatan

Penulis

  • Niken Mutiara Ayu Universitas Bung Hatta
  • Rona Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

ARTIKEL PENELITIAN PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PICTURE AND PICTURE UNTUK SISWA KELAS IV UPT SDN 28 JORONG NAN TIGO KABUPATEN PESISIR SELATAN Niken Mutiara Ayu¹, Rona Taula Sari¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Bung Hatta e-mail : niken3054@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis model picture and picture materi siklus hidup makhluk hidup untuk kelas IV UPT SDN 28 Jorong Nan Tigo Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap validasi dan praktikalitas. Instrument penelitian ini meliputi lembar validasi yang diisi oleh 1 dosen validator materi, 1 dosen validator bahasa, dan 1 dosen validator desain dan lembar praktikalitas yang diisi oleh 1 guru dan 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis model picture and picture termasuk kategori valid dengan rata-rata 3,25. Modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis dengan rata-rata praktikalitas 90,39 % dan dari siswa dengan rata-rata praktikalitas 82 % dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis model picture and picture yang dihasilkan dan digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis model picture and picture dengan kompetensi dasar dan materi yang lainnya. Kata kunci: Pengembangan, Modul IPA, Picture and Picture.

Referensi

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta : Rajawali pers.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01