Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Pada Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Kelas IV SD N 35 Pagambiran Kota Padang

Penulis

  • Irvan Affandi Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA PADATEMA 6 SUBTEMA 3 GIAT BERUSAHA MERAIH CITA-CITA KELAS IV SD N 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG 〖Irvan Affandi〗^1,〖Siska Angreni〗^1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : irvanaffandi013@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif IPA kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis Design, Development Implementation and Evaluation). Namun penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap implementation. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi oleh 3 orang validator dan lembar praktikalitas yang diperoleh dari guru dan siswa kelas IV sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian multimedia interaktif IPA pada tema 6 subtema 3 untuk siswa kelas IV dinyatakan termasuk kriteria sangat valid dengan rata-rata validitas 3,8 dari aspek materi 3,9 aspek bahasa 3,9 dan aspek media 3,6. Selanjutnya, praktikalitas multimedia interaktif IPA pada tema 6 subtema 3 yang diperoleh dengan rata-rata 93,6% dengan kriteria sangat praktis. Dari guru 95,8% dengan kriteria sangat praktis dan aspek siswa 91,5% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan multimedia interaktif IPA pada tema 6 subtema 3 memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis. Dengan demikian multimedia interaktif diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dikelas serta dapat mengetahui tata cara dalam penggunaan media yang baik dan berkualitas. Kata kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, IPA

Referensi

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Hamalik, O (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah. A. (2020). Metode penelitian & pengembangan research & development. Malang: Literasi Nusantara.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01