Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Example Non Example Materi Organ Peredaran Darah pada Manusia dan Hewan untuk Kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Api-Api Kabupaten Pesisir Selatan

Penulis

  • Nila Purnama Sari Universitas Bung Hatta
  • Rona Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXAMPLE NON EXAMPLE MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DAN HEWAN UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 12 API-API KABUPATEN PESISIR SELATAN Nila Purnama Sari1, Rona Taula Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email :nilapurnamasari0516@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Example Non Example pada kelas V Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid, dan praktis. Jenis penelitian adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yaitu difine, design, develop, dan disseminate. Namun, pada penelitian ini hanya 3-D yaitu difine, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada Tema 4 Sehat Itu Penting di Sekolah Dasar Negeri 12 Api-Api pada materi organ peredaran darah pada manusia dan hewan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli materi, bahasa dan desain, lembar praktikalitas yaitu angket respon guru dan siswa. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Example Non Example pada kelas V Sekolah Dasar dihasilkan modul yang memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 3,63 yaitu dari ahli materi memperoleh nilai 3,50, dari ahli bahasa memperoleh nilai 3,72, dan dari ahli desain memproleh nilai 3,67, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 95,3% yaitu praktikalitas oleh guru memperoleh persentase sebesar 95,4% dan praktikalitas oleh siswa memperoleh presentase sebesar 95,2% . Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Example Non Example V Sekolah Dasar sangat valid, dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar. Sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Example Non Example dengan kompetensi dasar dan materi yang lainnya. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Example Non Example.

Referensi

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indek.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01