Development of a Character-Based Civics Learning Module for Class IV at SDN 31 Collection Banang, Pessel

Penulis

  • Cesy Rinaldi Universitas Bung Hatta
  • M Nursi Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KARAKTER PADA KELAS IV DI SDN 31 KUMPULAN BANANG, PESSEL 〖CesyRinaldi〗^1,〖M.Nursi〗^1 〖^1〗Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:cesyrinaldi15@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn berbasis karakter pada kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku, Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 26 orang siswa. Persentase validitas modul oleh ahli materi yaitu 91,6 % dengan kriteria sangat valid, persentase validitas oleh ahli desain yaitu 90% dengan kriteria sangat valid. Persentase validitas modul oleh ahli bahasa yaitu 88,3 % dengan kriteria valid, Berdasarkan hasil validitas modul pembelajaran PKn berbasis karakter untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 90%. Dan persentase praktikalitas modul oleh guru yaitu 98,4% dengan kriteria sangat valid, persentase praktikalitas modul oleh siswa 97% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 97,7%, jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis karakter pada kelas IV SD sudah valid, dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD (Sekolah Dasar). Kata kunci: Modul, Pembelajaran PKn, Karakter

Referensi

Muslich Masnur. 2018. Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional). Jakarta: Bumi Aksara.

Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi: Lampiran Standart Isi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S., dkk. 2008. Pembelajaran PKn di SD. Cetakan ke-1. Jakarta: Universitas Terbuka

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01