Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Siswa Kelas IV SDN 05 Sawahan

Penulis

  • Vriyel Afri Maiyarti Universitas Bung Hatta
  • Zuria Amina Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 05 SAWAHAN Vriyel Afri Maiyarti1, Zulfa Amrina1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : afrimaiyartivriyel@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pada materi keliling dan luas bangun datar menggunakan model contextual teaching and learning. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-d yaitu sampai tahap development. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Instrument penelitian yaitu meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar tes. Modul ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu dosen ahli materi, ahli bahasa serta ahli tampilan. Pada praktikalitas, modul diuji oleh 1 orang guru dan 26 siswa kelas IVA. Pada tahap validasi modul menggunakan model contextual teaching and learning memenuhi kriteria valid dengan rata-rata 88,89% yaitu dengan rincian aspek isi dengan persentase 91,67% aspek bahasa dengan persentase 90% dan aspek tampilan dengan persentase 85%. Pada tahap praktikalitas modul menggunakan model contextual teaching and learning memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata-rata 90,66% dengan rincian angket respon guru 90,63% dan angket respon siswa 90,69%. Pada tahap efektivitas memenuhi kriteria sedang yaitu 65,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul menggunakan model contextual teaching and learning materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : modul, contextual teaching and learning, pembelajaran matematika

Referensi

Fathurrohman Muhammad & Sulistyorini. 2012. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : Teras

Situmorang, Rosdiana Meliana, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi

Manusia. Jurnal Edubio Tropika. 3 (II), 51-97

Suastika Ketut & Amaylya Rahmawati. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika

dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4 (II), 58-61

Trianto. 2009. Mendesain dengan Pendekatan Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana

Prenada Media Group

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic

religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal

Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The

Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School.

Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran

Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah alAwlad,

Volume

,

Nomor

,

,

Page

-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan

Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan

Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi

Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1.

Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD

Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator,

Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of

learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page

-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching

and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No.

, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan

Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta:

Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01