Pengembangan Modul Berbasis Model Contextual Teaching and Learning Materi Pecahan Kelas IV SDN 05 Sawahan

Penulis

  • Rana Rafidah Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 05 SAWAHAN Rana Rafidah1, Zulfa Amrina1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : ranarafidah024@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran pada materi pecahan berbasis model pembelajaran contextual teaching and learning kelas IV SDN 05 Sawahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu define, design,development,dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Instrumen penelitian yaitu meliputi lembar validasi,lembar praktikalitas dan lembar tes. Modul ini divalidasi oleh dua ahli yaitu dosen ahli isi dan tampilan serta dosen ahli bahasa. Pada praktikalitas, modul diuji oleh 1 orang guru dan 27 peserta didik kelas IV B. Pada tahap validasi modul berbasis model pembelajaran contextual teaching and learning memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 92,39% yaitu dengan rincian aspek isi dan tampilan dengan persentase 92,10% dan aspek bahasa dengan persentase 93,75%. Pada tahap praktikalitas modul berbasis contextual teaching and learning memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata 86,50% dengan rincian angket respon guru 95,83% dan angket respon peserta didik 86,29%. Pada tahap efektivitas memenuhi kriteria tinggi yaitu 0,73. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis contextual teaching and learning materi pecahan kelas IV SD sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Pengembangan,Pecahan, Modul,Contextual Teaching and learning

Referensi

Amrina Zulfa. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas IV SDN 05 Sawahan.Jurnal Cerdas Proklamator.Vol.8.No.1 1-9

Gustinasari, M. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh Pada Materi Sel Untuk Siswa SMA.Bioducation 1 (1), 60-73.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Rahmat., D, Irfan. (2019). Rancangan bangun media pembelajaran interaktif computer dan jaringan dasar. Jurnal vokasional teknik elektronika dan informatika.7 (1), 48-53.

Sugiyono.(2019). Metode penelitian dan pengembangan Research and development.Bandung:Alfabeta

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01