Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran di Kelas VI SD Negeri 09 Surau Gadang

Penulis

  • Gita Sonia Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN CAMPURAN DI KELAS VI SD NEGERI 09 SURAU GADANG Gita Sonia1, Ira Rahmayuni Jusar1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email :sgita510@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran di SD Negeri 09 surau gadang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yakni sampai pada tahap praktikalitas. Penelitian ini dilakukan pada semester I dengan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi divalidasi oleh 3 orang dosen ahli meliputi 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli desain. Pada proses pratikalitas, modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi di uji coba kepada 1 orang guru dan 29 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 87,64%. Pada tahap praktikalitas modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi ini termasuk kriteria sangat praktis dengan persentase penilaian sebesar 94,34%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis literasi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran di kelas VI SD memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas VI di Sekolah Dasar. Kata kunci : Modul pembelajaran, Matematika, Literasi numerasi.

Referensi

Ginting, R. B. (2020). Analisis Kesulitan Peserta didik Mengerjakan Penjumlahan Pecahan Campuran Di Kelas V Sd Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik peserta didik kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Pusmenjar (2020), Modul belajar literasi numerasi jenjang SD:Modul belajar peserta didik kelas 6 tema 7 energi subtema 1 energi dalam kehidupan, Modul.Kemendikbud; Jakarta

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. Artikel.(Online) http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul. pdf. diakses, 10.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01