Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Segi Banyak untuk Siswa Kelas IV SDN 07 IX Koto Kabupaten Dharmasraya

Penulis

  • Hafni Dwi Putri Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGI BANYAK UNTUK SISWA KELAS IV SDN 07 IX KOTO KABUPATEN DHARMASRAYA Hafni Dwi Putri¹, Rieke Alyusfitri¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : hafnidwiputri898@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran Matematika berbasis discovery learning pada materi segi banyak untuk siswa kelas IV SDN 07 IX Koto yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Lembar validasi terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) terdiri dari 1 orang guru kelas dan 12 orang siswa. Berdasarkan LKPD yang telah dikembangkan, validasi LKPD yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase kevalidan 90,83% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh persentase kevalidan 100% dengan kriteria sangat valid, dan dari aspek desain diperoleh kevalidan 97,5% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas LKPD pembelajaran Matematika berbasis discovery learning pada materi segi banyak memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase kevalidan 95,66%. Hasil praktikalitas oleh guru diperoleh persentase 97,5% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan persentase kepraktisan 91,036% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran Matematika berbasis discovery learning memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD). Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Discovery Learning

Referensi

Ariani,Yetti,dkk.(2020). Model Pembelajaran Inovatif untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Sleman : Deepublish.

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01