Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik Terhadap Prestasi Belajar IPA peserta Didik Kelas V SDN 16 Surau Gadang Siteba

Penulis

  • Yolla Oktaviani Universitas Bung Hatta
  • Rona Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 16 SURAU GADANG SITEBA Yolla Oktaviani1,Rona Taula Sari1 1Program Studi Pendidikan GuruSekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: yollaokta0310@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai hasil belajar IPA peserta didik kelas V masih banyak dibawah KKM yaitu 75 dan motivasi belajar instrinsik peserta didik yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar instrinsik terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 16 Surau Gadang Siteba. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 16 Surau Gadang Siteba Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 43 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sehingga sampel 43 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Model Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 25. diperoleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh dengan nilai Fhitung 1, 534 dengan sign > 0,05 maka H1 diterima. Artinya motivasi belajar intrinsik berpengaruh terhadap hasil belajar. Selanjutnya diperoleh persamaan dengan koefisien regresi sebesar 0, 153. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan motivasi belajar akan meningkatkan 0,153 satuan hasil belajar. Kemudian diperoleh nilai R square sebesar 0,036, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh motivasi belajar intrinsik (X) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 3,6 % sedangkan sisa 96,4% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel lain. Disarankan kepada peserta didik agar meningkatkan motivasinya dalam belajar IPA dengan cara meningkatkan dorongan peserta didik dalam belajar IPA, memperhatikan guru dan tertarik terhadap pelajaran IPA. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA, Motivasi Instrinsik

Referensi

Aini, Qurratul. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi. Ecucatio. Vol. 12 No.1

Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133.

Depdiknas. 2006. Kuriulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP

Herianto, Boy Ichsan.(2019). Kontribusi Motivasi Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. Vol. 7, No. 3.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kaunitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. (2011). Metodologi Penelitian Untuk SkrIPAi dan Tesis Bisnis.Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01