Development of a Science Learning Video Using an Inquiry Approach on Theme 8 for Class V Students at SDN 21 Pakan Sinayan

Penulis

  • Desi Aulia Putri Universitas Bung Hatta
  • Rona Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

Pengembangan Video Pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Inkuiri pada Tema 8 untuk Siswa Kelas V di SDN 21 Pakan Sinayan , Kabupaten Agam Desi Aulia Putri¹, Rona Taula Sari² ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ²Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: desiauliaputri2212@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada tema 8 untuk siswa kelas V di SDN 21 Pakan Sinayan, Kabupaten Agam. Penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu (Analysis,Design, Development, Implementation, and evalution). Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap Implementation yakni pada tahap praktikalitas. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang divalidasi 3 orang validator dan lembar prakttikalitas guru dan peserta didik sebanyak 14 orang. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan video pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada tema 8 untuk siswa kelas V di SDN 21 Pakan Sinayan yang termasuk kategori sangat valid dengan validitas (3,59), dari aspek materi (3,42), aspek bahasa (3,60), dan aspek desain (3,76). Video yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dengan praktikalitas (98,75%), dari aspek kepraktisan penggunaan (95%), aspek kesesuaian ilustrasi (100%), aspek bahasa (100%), dan aspek kesesuaian waktu (100%). Dari siswa dengan praktikalitas (86,02%), dari aspek ketertarikan siswa (87,5%), aspek bahasa (91,07%), aspek proses penggunaannya (84,28%), waktu yang tersedia (80,35%), dan aspek peningkatkan kreatifitas siswa (86,90%). Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan video pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata kunci : Pengembangan, video pembelajaran, pendekatan inkuiri

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01